Thursday, July 05, 2012

F! Writing Rules

"Menulis Dayu, menulis..."

Mereka bilang.

"Menulislah tentang ini...tentang itu...menulis itu isinya harus begini...harus begitu..."

Sambung mereka.

Tidak tahan rasanya untuk tidak mengangkat alis tinggi-tinggi, membelalakan kedua mata ini lebar-lebar, lalu menghentakkan kaki kanan keras-keras. Seperti yang biasa kulakukan saat sudah tidak mampu menahan emosi.

Entahlah,

Aku kira, bertemu dengan yang katanya sudah sangat mengerti seluk beluk dunia bahasa. Yang katanya sudah ahli menuangkan inspirasi dan imajinasi kedalam tulisan. Yang katanya sudah jauh lebih memahami 'menulis'. Yang katanya...yang katanya...yang katanya dan yang katanya, akan bisa setidaknya memberiku semangat untuk semakin mencintai seni merangkai kata.


Tidak...


Sebaliknya. Membuatku memicingkan kedua mata.

Sejak kapan menulis ada aturannya. Kesempurnaan ejaan kata, penggunaan imbuhan akhir atau awal, ketepatan struktur kalimat, pemakaian tanda baca. Itu aku mengerti sudah pasti memang ada aturannya. Jangankan ketika dibaca, kalau hal-hal penting itu diabaikan, saat ditulis saja sudah kasat mata terlihat rancu.

Tapi ini...

Sejak kapan isi tulisan ada aturannya?. Semacam ketika sedih malah harus tertawa, atau ketika bahagia malah harus marah. Bukankah isi tulisan itu adalah curahan ekspresi yang diungkapkan dalam bentuk tulisan?. Nah kalau diatur, lalu apa kabarnya berekspresi.


~as if...like oh! okay, you can dance but do not ever move your body. duh!~

*marah? entahlah. mungkin.

No comments: