Monday, February 13, 2012

Like Theirs'

Kupandangi sepasang suami-istri yang saat ini sedang duduk dihadapanku, belum terlalu tua sudah tidak bisa juga disebut muda,

Hmm...pokoknya aku rasa mereka seharusnya sudah pantas memiliki cucu.

Mereka sedang berbicara satu sama lain, entah apa yang sedang mereka bahas seraya saling menatap sambil sesekali diiringi gelak tawa dan sentuhan candaan ringan...apapun itu, mereka berhasil membuatku juga ikut diam-diam tersenyum tipis.

Bukan, aku bukan tersenyum karena ternyata apa yang sedang mereka bicarakan bisa tertangkap sebegitu jelasnya di telingaku.

Aku tersenyum karena melihat mereka.

Mereka tampak begitu bahagia. Bukan bahagia yang berlebihan, terlihat berpendar-pendar dari luar. Tapi bahagia yang begitu sederhana, terasa sangat hangat.

Ketika segalanya tidak hanya diukur dari apa yang tertangkap mata; dari berapa banyak yang tersimpan di dalam rekening atau dari titel apa yang terpasang di awal-akhir nama...ya apapun lah itu, yang semata dapat menaikkan harga diri di mata orang lain.

Sesederhana ketika salah satu sedang berbicara, yang satu mendengarkan; ketika sama-sama mau meluangkan waktu untuk duduk santai di beranda rumah, berbagi cerita sambil menikmati secangkir wedang jahe hangat; atau ketika terlihat apa adanya pun, sudah lebih dari cukup.

Aku mau yang seperti itu, aku mau rasa sayang sama seperti apa yang mereka miliki.

Begitu sederhana, apa adanya...just like theirs.

No comments: