Monday, September 15, 2014

(hanya) Ibu Rumah Tangga

Mereka bertanya,

"Kenapa (hanya) menjadi ibu rumah tangga".

Tidak sekali, tapi berkali-kali.

Mereka mempertanyakan apa aku tidak akan menyesali pilihanku...

Tidak!

Kukatakan sekali lagi,

Tidak, aku tidak akan menyesal.

Tapi iya, Kuakui.

Aku rindu jam sembilan hingga jam lima duduk di ruangan atau kubikelku sendiri. Aku rindu menghabiskan jam makan siang dengan teman-teman kantorku. Aku rindu bertukar pendapat di rapat Senin pagi. Aku rindu melepas penat di Jumat malam dengan sekedar makan di cafe atau berkaraoke ria dengan para sahabatku.

Iya aku rindu...

Selalu.

Perlukah mereka tau, bahwa aku rindu hal-hal itu?. Tidak. Perlukah juga mereka tau alasanku memilih menjadi ibu rumah tangga?. Tidak juga.

Cukup tersenyum,

Setiap kali mereka bertanya.

Toh aku pun tidak pernah mengganggu mereka dengan pertanyaan mengapa mereka lebih memilih menitipkan anak-anaknya dengan pengasuh; kenapa mereka rela kehilangan waktu setengah hari dengan anak-anaknya.

Semua punya alasan sendiri-sendiri...

Aku menghormati alasan dan pilihan mereka, sebaliknya aku pun ingin dihormati atas apa pilihan dan alasanku.

Sesederhana itu saja,

No comments: