Monday, September 16, 2013

Panjang Pendek

"Terusannya gimana? ituuu loh...ceritanya itu, akhirnya gimana?".

Kira-kira begitu sebagian besar pertanyaannya...

"Bebas aja,".

Cuma itu jawaban yang bisa saya kasih buat mereka yang bertanya...

Saya lebih suka menulis tulisan yang tidak panjang. Cukup satu momen tertentu saja, dibumbui sekelibat kilas balik awal cerita atau latar belakang si tokoh.

Begini,

Saya tipe yang percaya kalau pilihan kata dan gaya tulisan sebuah cerita itu sedikit banyak mencerminkan pribadi si penulisnya.

Iya,

Silahkan anggap saya sok tahu. Tapi bukannya setiap penulis dan tulisannya pasti punya ciri khas masing-masing ya?. Yang membuat penikmat tulisan berbisik, "ini si B banget tulisannya".

Ah, lagi-lagi saya sok tahu. Tapi itu sekedar pendapat saja.

Nah,

Kembali lagi ke pertanyaan bagaimana akhir setiap cerita yang saya tulis. Maka jawaban saya, ya biar yang  membaca yang menentukan, mau berakhir seperti apa ceritanya.

Karena,

Buat apa membaca sekedar membaca tanpa melebur menjadi satu dengan apa yang dibaca.

Itu inti dari membaca, bukan?

No comments: