Friday, April 27, 2012

Mommy's Letter


A boy,

*Aku tak pernah mempermasalahkan laki-laki atau perempuan, sebenarnya. Yang mana pun sama saja. Akan sama-sama selalu sedikit merepotkan dan menyita perhatian; akan sama-sama membahagiakan dan membanggakan apabila dididik dengan benar.

Kukecup keningmu lembut,

"Selamat datang di dunia, selamat datang di hidupku...sayang".

Jangan tanyakan bagaimana perasaanku. Kalau saja ada pilihan kata-kata yang jauh lebih tepat dari bahagia dan bangga, pasti sudah kuucapkan. Akhirnya sesosok bayi mungil yang sempat menempati rahimku selama sembilan bulan, hadir di dunia.

Tak bosan aku menatap wajah polosmu,

"Dunia ini tidak seindah yang kau bayangkan sayang, tapi jangan khawatir...ada aku".

Akan kukatakan padamu dari awal, I cant promise you that I will be a perfect mother, karena percayalah di dunia ini tidak akan ada yang sempurna. Tapi ini, peganglah janjiku. Semampuku aku akan selalu berusaha menjadi ibu yang terbaik untukmu.

Caranya?,

Akan kuberitahu cara pertama, sisanya nanti saja, toh aku juga tak mau kamu terlalu cepat menjadi dewasa. Ini mungkin akan sedikit membuatmu menghela nafas dan mengeluh di balik punggungku, tapi tak apa. Aku mengerti. Aku cuma hanya akan mengingatkanmu:

...Pray and be spiritual ...
...Be strong and tender at the same time...
...Mutual respect is the key to a good relationship...
..."Yes ma'am" and "yes sir" still go a long way...
...Take pride in your appearance, but never set it way too high...
...Save money when you're young because you're going to need it some day...
...Your knowledge and education is something that nobody can take away from you...
...Don't be a bully and don't ever start a fight, but if some idiot clocks you, fight back!...
...Play a sport. It will teach you how to win honorably, lose gracefully, respect authority, work with others, manage your time and stay out of trouble...
...Allow me to teach you how to use the dishwasher, oven, washing machine, iron, vacuum, mop and broom...
...The reason that they're called "private parts" is because they're "private". Please do not scratch them in public...
...Treat women kindly, don't ever take something away from a girl that you can't give back. And trust me, bring her flowers for no reason is always a good idea...
...Please choose your spouse wisely. My daughter-in-law will be the gatekeeper for me spending time with you and my grandchildren...
...Remember to call your mother because I might be a lot missing you.

Begini,

Mereka bilang, anak-anak yang baik dibesarkan oleh seorang ibu yang baik. Sekilas berpikir untuk menjadi baik hanya karena agar mereka menilaiku sebagai ibu yang baik juga?. Jangan. Kamu tidak perlu menjadi sempurna, karena aku pun tidak.

Go ahead!


Go do something new, stupid and crazy. U can do whatever you want and go wherever u wanna go. Tapi satu, baca baik-baik lalu terapkan semua yang tadi kuingatkan padamu. You will be surprise to see how a good man u will turn to be, someday.

Bukan untukku, bukan juga untuk mereka. Tapi untuk dirimu sendiri.

ps: such a bless to have you in my life,
     love, mom.

No comments: